Mengukur Kualitas Hp dari Tipe Layar Smartphone yang Digunakan

tipe layar smartphone

Apa yang Anda jadikan pertimbangan ketika ingin membeli handphone? Mungkin Anda tidak pernah mempertimbangkan masalah tipe layar smartphone. Padahal, ini juga bisa sangat penting.

Umumnya, ketika seseorang ingin beli smartphone, mereka akan bertanya berapa kapasitas penyimpanan, berapa RAM, dan juga kualitas kamera. Ketiga hal tersebut biasanya dijadikan ukuran apakah handphone yang akan dibeli mahal atau tidak.

Faktanya, tidak hanya itu yang seharusnya dijadikan pertimbangan. Anda harus lebih selektif dengan cara mempertimbangkan tipa layar handphone yang Anda inginkan.

Ini juga berhubungan dengan kenyamanan saat handphone digunakan. Selain itu, jika Anda membeli handphone yang layarnya bagus, responnya juga lebih baik. Belum lagi masalah tahan lama, anti gores dan lain sebagainya.

Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui apa saja tipe layar smartphone.

Jenis Layar Smartphone dan Masing-Masing Keunggulannya

Mulai munculnya smartphone, selalu ada pengembangan yang dilakukan oleh produsen. Tidak hanya dalam hal kecepatan tapi juga kenyamanan dalam penggunaan smartphone. Dalam hal kenyamanan, hal ini sangat terkait dengan tipe layar smartphone yang digunakan.

Sampai saat ini, teknologi layar hp mengelami perkembangan signifikan. Setidaknya, ada 8 jenis layar smartphone yang masih digunakan hingga saat ini. Apa saja itu?

  1. LCD

Bisa dikatakan inilah jenis layar generasi pertama yang diterapkan dalam smartphone. Ini juga ada hubungannya dengan munculnya TV layar datar pengganti TV tabung. Saat orang mulai tertarik dengan smartphone, orang juga suka menonton TV layar LCD.

Namun, apakah Anda tahu apa itu LCD? Banyak yang tahu tapi tidak banyak yang mengerti apa itu LCD. Ini merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Ini layar dengan teknologi yang mampu menampilkan gambar meskipun device seperti smartphone digunakan di bawah terik sinar matahari.

Ada satu komponen utama di dalam tipe layar smartphone ini, yaitu Kristal cair. Inilah elemen yang membuat smartphone tetap nyaman digunakan meskipun di area terbuka ketika sinar matahari begitu cerah.

  1. TFT LCD

Tidak lama setelah munculnya jenis layar LCD untuk smartphone, muncul jenis layar handphone baru yang dinamakan dengan TFT LCD. Layar ini memiliki tingkat resolusi yang lebih tinggi.

Pada waktu itu, orang sudah mulai suka bermain game di handphone. Hanya saja, hanya beberapa handphone dengan resolusi layar tinggi saja yang bisa digunakan. Itulah mengapa produsen game mulai berbondong-bondong mengganti layar LCD dengan TFT LCD.

Ada kelebihan dan kekurangan dari jenis layar smartphone yang satu ini. Kelebihannya, layar sangat tipis dan beresolusi tinggi. Hanya saja, kekurangannya adalah boros konsumsi baterai.

  1. IPS

Kekurangan dari TFT LCD ditutupi oleh tipe layar terbaru setelahnya, yaitu IPS. Layar yang satu ini memiliki resolusi tinggi dan tidak boros baterai. Sayangnya, pada saat itu, IPS hanya digunakan untuk smartphone yang harganya cukup mahal. Bebeapa waktu yang lalu, hanya smartphone kelas medium dan tinggi saja yang dilengkapi dengan tipe layar ini.

Namun karena teknologi layar sudah semakin maju, smartphone dengan layar IPS pun harganya semakin terjangkau.

  1. OLED

Ketika pengguna smartphone semakin banyak, mereka menuntut hal yang jauh lebih baik lagi. Kebutuhan layar juga menjadi fokus perhatian selanjutnya.

OLED menjadi tipe layar smartphone yang memuaskan pengguna. Layar ini mampu memunculkan gambar yang lebih jernih tanpa cepat menguras baterai. Selain itu, smartphone layar sentuh memiliki respon yang begitu cepat. Inilah yang ditawarkan oleh jenis layar hp yang satu ini.

  1. AMOLED

Anda bisa cek sendiri smartphone yang harganya mahal sekarang ini. Kebanyakan hp semacam itu sudah dilengkapi dengan AMOLED.

Apa kelebihannya? Banyak sekali. Yang pasti, gambar lebih jelas dan jernih. Warna bisa ditampilkan lebih baik. Dan satu lagi. Layar ini tidak boros baterai. Inilah yang menjadi isu. Banyak orang yang mengeluh ketika smartphone lebih bagus maka baterai lebih cepat habis. Ini bisa diatasi dengan adanya AMOLED.

Saat ini, layar smartphone dengan type Super Amoled atau sAmoled sudah digunakan oleh beberapa type smartphone.

  1. Corning Gorilla Glass

Ketika ada masalah, maka harus ada solusi. Masalah yang muncul terkait dengan layar smartphone tidak lagi hanya berkutat pada konsumsi baterai dan juga kualitas gambar yang ditampilkan, melainkan juga ketahanan.

Dibutuhkan perlindungan tambahan untuk smartphone saat ini. Karena mobilitas penguna yang semakin beragam. Tidak sedikit yang memerlukan perlindungan tambahan terutama di sisi layar.

Masalah ini mampu dipecahkan oleh perusahaan Corning. Mereka membuat pelindung layar Gorilla Glass. Lapisan ini akan melindungi layar utama smartphone dari goresan, misalnya ketika smartphone berada di kantong bersama dengan kunci motor/mobil dan benda lainnya yang berpotensi membuat goresan pada layar smartphone.

layar lcd rusak

Corning melakukan banyak pembaharuan untuk produksi perlindungan layar smartphone. Saat tulisan ini diturunkan, produk dari Corning Gorilla Glass adalah seri yang ke-6. Kaca ini sudah melalui tes uji ketahanan dan ketangguhan. Layar begitu kuat dan tidak mudah pecah.

Namun yang perlu Anda ketahui adalah, Corning Gorilla Glass adalah sebuah lapisan yang akan membantu melapisi layar smartphone Anda, bahkan pada beberapa tipe smartphone, lapisan ini digunakan untuk melapisi seluruh badan smartphone.

  1. Dragontail Glass

Pesaing terdekat pelindung layar smartphone Gorilla Glass adalah Dragontail Glass. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Gorilla Glass memiliki kelebihan berupa tahan banting. Begitu juga dengan Dragontail Glass. Layar smartphone yang satu ini kabarnya mampu menahan beban hingga beberapa kilogram.

Dragontail Glass juga merupakan lapisan untuk layar smartphone. Jadi Dragontail Glass dan Cornig Gorilla Glass bukan type layar smartphone.

  1. Retina Display

Layar yang satu ini tidak mau bermain di area ketahanan layaknya dua jenis layar smartphone sebelumnya. Dan tidak semua smartphone menggunakan layar Retina Display ini. Sampai sekarang, hanya produk keluaran Apple saja yang menggunakan layar yang satu ini.

Kelebihannya ada pada kerapatan pixel. Sehingga gambar yang ditampilkan sangat tajam dan jelas.

Sekarang, Anda sudah tahu beberapa tipe layar smartphone. Kini, Anda tidak boleh lagi mempertimbangkan kualitas hp yang ingin Anda beli hanya dari RAM dan internal storage-nya saja.

Bagaimana Cara Mengetahui Tipe Layar Hp?

Lalu, bagaimana cara Anda bisa mengetahui tipe layar smartphone? Caranya mudah. Hampir semua informasi tentang spesifikasi smartphone ada di internet. Disanalah biasanya ditampilkan jenis atau tipe layarnya juga. Bagaimanapun juga, jenis tipe layar dan jenis lapisan yang digunakan juga akan mempengaruhi harga dari smartphone itu sendiri.

Akan tetapi, jika Anda masih kerepotan dengan browsing, sebaiknya Anda minta tolong kepada penjual. Tanyakan saja secara mendetail termasuk jenis layar yang diterapkan pada smartphone yang Anda incar.

Nah, sekarang Anda sudah mengerti mengenai tipe layar smartphone. Anda bisa lebih bjiak dalam memilih. Namun, akan semakin bijak lagi jika Anda memilih berdasarkan kebutuhan. Tidak semua orang membutuhkan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi dan harga yang mahal. Sebaiknya, Anda harus smartphone seperti apa yang Anda butuhkan. Baru kemudian Anda cari sesuai dengan kebutuhan Anda tersebut.

Leave a Reply