Mengenal Sistem Operasi Komputer

mengenal-sistem-operasi-komputer

Apakah Anda sudah mengenal sistem operasi komputer? Mungkin yang ada di otak Anda sekarang adalah Windows. Mungkin perlu Anda tahu bahwa ada beberapa lagi sistem operasi selain Windows di luar sana.

Sayangnya, kebanyakan orang, terutama pengguna di Indonesia lebih familiar dengan Windows. Ada juga Linux yang bisa jadi tidak sepupoler Windows. Tapi masing-masing punya kelebihannya sendiri-sendiri.

Sejak ada komputer, hampir semua komputer diinstal dengan menggunakan sistem operasi yang satu ini. Hingga akhirnya seolah-olah tidak ada lain sistem operasi komputer yang bisa diandalkan selain Windows.

Jika Anda pergi ke luar negeri, terutama di Eropa, Anda akan menemukan komputer dengan sistem operasi yang beda. Bukan Windows. Mungkin Anda merasa Windows lah yang terbaik. Akan tetapi, setelah Anda tahu beberapa sistem operasi lainnya, mungkin Anda akan berubah pikiran.

Mengenal Sistem Operasi Komputer Selain Windows

Sampai sekarang, masih ada sistem operasi yang memang tidak begitu popular jika dibandingkan dengan Windows namun tetap digunakan. Setidaknya, ada kalangan tertentu yang menggunakan sistem operasi komputer selain Windows. Apa saja itu?

  1. Linux

Sistem operasi yang pertama adalah Linux. Bahkan, bisa dikatakan Linux dari dulu menjadi kompetitor Windows. Sempat di beberapa tahun kemarin Linux lebih popular. Banyak orang yang menggunakannya terutama mereka yang suka coding dan networking.

mengenal sistem operasi komputer

Namun, lama kelamaan Linux mulai ditinggalkan. Hal ini disebabkan Windows mampu beradaptasi sesuai dengan kebutuhan pengguna, tak terkecuali para developer yang suka coding.

Meskipun demikian, masih ada yang menggunakan Linux. Alasannya, ini adalah sistem operasi open source. Artinya pengguna tidak perlu membeli lisensi. Tinggal gunakan saja.

Tidak hanya itu. Karena open source, pengguna bisa ikut berkontribusi mengembangkan sistem operasi ini. Itulah mengapa orang-orang IT sangat suka menggunakan Linux dibandingkan Windows.

Selain itu, Linux dipercaya sangat kebal terhadap virus. Ketika ada virus menyebar di sistem komputer, Linux bisa mengangkalnya. Makanya, dulu ketika banyak jaringan komputer disusupi virus, mereka yang menggunakan Linux bisa tidur nyenyak. Karena virus tidak bisa dengan semudah itu masuk ke komputer yang menggunakan sistem operasi Linux.

Apakah Anda suka bermain game di PC? Jika ya, sepertinya Linux bukan sistem operasi yang tepat untuk Anda gunakan. Game yang tersedia untuk Sistem Operasi Linuxanya tidak sebanyak game yang tersedia untuk Windows.

  1. Mac OS

Sistem operasi komputer yang cukup popular selanjutnya adalah Mac OS. Ini merupakan sistem operasi untuk produk buatan Apple saja.

mengenal sistem operasi komputer

Seperti yang banyak orang ketahui, Apple selalu memberikan yang terbaik untuk penggunanya. Begitu juga yang mereka lakukan untuk Mac OS. Mereka terus mengembangkan sistem operasinya tersebut.

Salah satu kelebihannya adalah dari segi keamanan. Ini sudah bukan rahasia lagi. Apple selalu menekankan pada keamanan. Dan salah satunya adalah dengan terus mengembangkan sistem operasi komputer milik mereka berupa Mac OS.

Dan satu lagi. Ada file yang dari sistem operasi Windows, komputer dengan sistem operasi Mac OS tetap bisa membaca file tersebut. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa tetap membuka file dari sistem operasi lainnya.

  1. Chrome OS

Google memang sudah mendunia. Namun, dalam hal sistem operasi, mereka bisa dikatakan ketinggalan. Belum banyak yang kenal dengan Sistem Operasi yang satu ini. Tapi siapa yang tidak kenal dengan Google ?

mengenal sistem operasi komputer
sumber gambar : 9to5google.com

Akan tetapi, mereka tidak ingin ketinggalan terlalu jauh. Mereka menawarkan Chrome OS. Salah satu yang ditawarkan adalah kecepatan dalam loading. Sistem operasi ini sangat ringan. Hal itulah yang membuat loading begitu cepat.

Selain itu, Chrome OS ini sangat user friendly. Anda akan begitu dimanjakan dengan tampilan mukanya. Apapun aplikasi yang Anda butuhkan bisa Anda akses dengan lebih mudah.

Yang tak kalah penting lagi adalah keamanan. Hampir semua orang sekarang bisa go online. Komputer selalu terkoneksi dengan internet. Butuh keamanan yang kuat agar data tidak dirusak oleh virus atau ada penyusup yang mencuri data. Keamanan sudah diberikan dengan sangat baik jika Anda menggunakan Chrome OS ini.

Jika selama ini Anda sering menggunakan browser Chrome untuk menjelajahi internet, sangat tepat ketika Anda menggunakan sistem operasi komputer yang satu ini. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan Google Chrome. Apalagi dengan hanya memiliki satu akun Gmail bisa akses ke banyak sekali aplikasi maupun website.

Bisa dibilang saat ini rajanya adalah Google. Hampir semua orang di seluruh dunia mengenal Google dan mempunyai akun Gmail karena harus terintegrasi dengan Android yang dimilikinya.

  1. Sun Solaris OS

Sama halnya dengan Linux. Sistem operasi komputer yang satu ini termasuk open source. Jadi, Anda tidak perlu membeli lisensi ketika ingin menggunakan.

Apa keunggulannya? Sistem operasi ini bisa diintegrasikan dengan berbagai AMP Stack mulai dari PHP, MySQL, hingga Apache. Jadi, bisa ditebak siapa yang suka menggunakan sistem ini? Betul sekali. Mereka para developer pasti suka. Namun, kepopulerannya masih di bawah Linux.

Nah, dari beberapa sistem operasi komputer tersebut di atas, mana yang mungkin Anda akan coba? Yang pasti, Anda butuh menyesuaikan diri jika Anda selama ini hanya menggunakan Windows saja. Eksplorasi perlu dilakukan agar Anda benar-benar mengenal kelebihan masing-masing sistem operasi tersebut.

Alasan Mengapa Windows Lebih Popular

Apakah sistem operasi selain Windows tersebut di atas digunakan di Indonesia? Ya. Hanya saja, jumlahnya tidak sebanyak pengguna Windows. Jika diperhatikan, secara umum memang Windows yang paling banyak digunakan.
Kenapa demikian? Salah satu alasannya adalah kemudahan. Jelas lebih mudah menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows. Bahkan, anak-anak tingkat SD pun bisa mengoperasikannya.

Mungkin karena sejak awal mereka dikenalkan dengan Windows. Akan beda cerita jika sejak kecil, seorang anak dikenalkan dengan Linux. Mungkin dia akan sangat familiar sekali denga Linux dan menganggap Windows itu sulit.
Kalaupun ada yang belum bisa menggunakan Windows, ada banyak tutorial yang bisa dicari di internet. Atau Anda bisa beli buku yang khusus membahas tentang cara menggunakan Windows.

Untuk penggunaan di rumah atau di kantor pada umumnya, Windows mungkin bisa jadi opsi yang bagus. Tapi jika keperluannya untuk networking dengan fasilitas keamaanan yang mumpuni, Linux akan jadi pilihan yang lebih baik.

Dan yang alasan yang banyak dikemukakan oleh pengguna Windows adalah support dengan Office. Karena bagaimanapun juga Office dan Windows dibawah perusahaan yang sama, yaitu Microsoft. Orang Indonesia pasti menggunakan Office untuk bekerja, entah itu Ms. Word, Ms. Excel, atau yang lain. Bahkan, kebanyakan perusahaan menggunakan office.

Tidak hanya itu. Lebih banyak lembaga pendidikan dasar dan menengah juga mengajarkan peserta didik mereka bagaimana cara menggunakan Office. Maka dari itu, tidak aneh jika Windows yang paling sering dan banyak digunakan di Indonesia.

Itulah beberapa sistem operasi komputer yang sebaiknya Anda ketahui. Jadi, bukan hanya Windows saja yang bisa Anda pilih. Bahkan, jika Anda ingin punya sistem operasi legal dan tidak perlu bayar, Anda bisa gunakan yang open source.

Pemilihan Sistem Operasi sangat bergantung dengan kebutuhan dan kebiasaan Anda menggunakan. Jadi…, Sistem Operasi apa yang Anda gunakan saat ini ?

Leave a Reply