Apa sih Cloud Computing

cloud-computing

Cloud computing mungkin sebuah istilah yang sering kita dengar akhir-akhir ini. Ini adalah sebuah era baru bagaimana cara manusia sekarang bekerja. Ya.., bekerja di awan. Bagaimana bisa??

Sebelumnya…, di sebuah perusahaan atau instansi, kita bekerja menggunakan sebuah komputer dengan menggunakan aplikasi yang sudah terinstal disana dan juga menyimpan data pada komputer tersebut atau mungkin data disimpan pada komputer server perusahaan yang dikawal oleh seorang ahli IT. Dan cara ini mungkin masih berlaku sekarang.

Lalu bagaimana dengan cloud computing atau jika diterjemahkan secara bebas menjadi bekerja di awan??

Sederhananya adalah…, aplikasi, program ataupun perangkat lunak dan bahkan data dapat diakses, disimpan bahkan dikerjakan melalui internet.

Kalau Anda menggunakan email dari Gmail, Anda pasti mengenal Google Drive. Google menyediakan penyimpanan online sebesar 15GB kepada setiap user Gmail  dengan gratis. Dan ketika Anda menyimpan foto atau dokumen lainnya disana, kemudian melakukan edit foto secara online, secara tidak langsung Anda sudah bekerja di awan atau Anda sudah melakukan Cloud Computing.

Anda mungkin juga pernah mengubah dokumen pdf Anda menjadi dokumen word, ini juga kegiatan cloud computing. Juga beberapa banyak kegiatan mengolah data lain yang dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi secara online.

Lalu.., kenapa kita harus bekerja di awan ?

Dimana Anda menyimpan file penting ? di flashdisk atau di harddisk komputer ? Dan apakah Anda pernah kehilangan data karena komputer atau flashdisk terserang virus ?

cloud_computing

Jika iya.., mungkin sebaiknya Anda mulai bertindak lebih baik, lebih praktis dan lebih modern lagi. Simpan file penting Anda tidak di satu tempat saja. Selain Anda menyimpan file penting Anda pada komputer, cadangkan file penting tersebut di media lain. Anda mungkin bisa menggunakan flashdisk atau bahkan menyimpan file penting tersebut di media penyimpanan online, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive atau media penyimpanan online lainnya yang Anda percaya. Dan pastikan bahwa Anda tidak lupa dengan kata sandinya.

Dengan cloud computing, Anda bahkan bisa melakukan pekerjaan kantor tanpa menginstal aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office pada komputer Anda. Cukup sediakan akses internet dengan kecepatan yang stabil dan sebuah aplikasi browser, Anda bisa mengetik dokumen menggunakan Google dokumen atau bisa menggunakan Office 365 versi online.

Leave a Reply