Begini Beda Telepon, Handphone, Smartphone dan Tablet

telepon umum koin

Ada perkembangan alat komunikasi yang digunakan oleh masyarakat. Sebelumnya ada smartphone, masyarakat menggunakan telepon sebagai alat komunikasi. Kemudian, ada perubahan signifikan, entah dalam hal bentuk maupun fitur. Alat komunikasi pun berubah.

Dari perkembangannya, alat komunikasi dibagi menjadi 4 macam; yaitu telepon, handphone, smartphone, dan tablet. Lalu, apa saja letak perbedaan antara alat komunikasi tersebut?

Telepon 

Ini merupakan alat komunikasi canggih yang menggunakan teknologi di generasi paling awal. Ini berupa alat yang disambungkan dengan kabel. Kemudian, agar satu telepon terhubung dengan telepon lain, maka di setiap rumah harus ada jaringan berupa kabel.

retro telephone

Telepon ini hanya memiliki satu fitur, yaitu untuk menelpon. Tidak ada fitur lain seperti alat komunikasi di zaman sekarang.

Handphone

Salah satu kekurangan telepon itu satu, yaitu tidak bisa dipakai secara mobile. Mau tidak mau, seseorang harus di rumah atau di tempat telepon umum. Pasalnya, telepon menggunakan sambungan berupa kabel.

Kemudian muncul handphone sebagai alat komunikasi yang menggunakan teknologi wireless atau perangkat tanpa kabel. Karena itulah disebut dengan handphone atau telepon yang bisa digenggam dan dibawa ke mana-mana.

handphone

Selain untuk menelpon, handphone juga dilengkapi dengan fitur lain, yaitu texting atau SMS. Jadi, komunikasi bisa dilakukan dengan cara mengirimkan pesan singkat. Sering perjalanan waktu, handphone terus dikembangkan dengan menambahkan fitur tambahan, seperti fitur jam, game, kamera, dan lain sebagainya.

Smartphone

Era handphone mulai habis ketika muncul smartphone sekitar tahun 2010. Dari namanya saja sudah bisa ditebak apa yang dimaksud dengan smartphone. Diberi embel-embel “smart” karena memang handphone ini benar-benar smart atau pintar. Karena ada fitur yang membuat handphone ini pintar.

smartphone

Smartphone tidak hanya digunakan layaknya handphone untuk menelpon dan mengirim SMS. Ini juga bisa dipakai untuk browsing internet. Pasalnya, sudah ada fitur koneksi internet sehingga smartphone itu bisa dikatakan sebagai laptop mini. Hampir semua yang bisa dilakukan dengan laptop bisa dilakukan di smartphone.

Ukuran smartphone itu kecil. Hanya satu genggaman tangan. Fiturnya sangat lengkap, mulai dari kamera kualitas tinggi, kalkulator, stopwatch, dan masih banyak lagi. Berbagai jenis software bisa dipasang atau diinstal, seperti WhatsApp untuk chatting dan bersosial media, Ms. Word atau Google Dokumen untuk mengetik, dan bahkan software game.

Tablet

Sebenarnya, fitur yang ditawarkan di dalam smartphone bisa didapatkan di tablet. Lalu, apa perbedaannya? Perbedaannya ada ada ukuran. Tablet memiliki layar yang ukurannya lebih besar dibandingkan dengan smartphone. Tablet rata-rata memiliki ukuran layar sebesar 7 hingga 10 inch.

tablet

Tablet ini dibuat untuk membuat pengguna lebih nyaman. Kebanyakan mereka yang ingin memiliki device laptop dalam ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan memilih perangkat yang disebut tablet ini. Dengan menggunakan tablet, mereka seolah-olah merasa menggunakan laptop versi paling kecil dan paling ringan.

Keunggulan tablet adalah adanya fungsi komputasi dasar. Seseorang bisa menggunakan software Office yang ada di laptop dengan hanya menggunakan tablet. Namun, tablet lebih mudah dan ringan dibawa dibandingkan dengan laptop.

Itulah perbedaan antara telephone , handphone, smartphone, dan tablet. Untuk saat ini, yang paling sering digunakan adalah smartphone dan tablet. Tinggal bagaimana masyarakat memilih mana yang paling tepat untuk digunakan sesuai kebutuhan.

Untuk keefektifan, tentu smartphone menjadi pilihan yang terbaik. Namun, jika pengguna adalah pekerja mobile yang membutuhkan alat seperti laptop untuk mencatat dan lain sebagainya, maka pilihan terbaik ada pada tablet.

Lalu, device apa yang sebenarnya Anda butuhkan ?

Leave a Reply